بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُواً أَحَدٌ ﴿٤﴾

Assalamu’alaikum wr. wb.

Selamat datang, saudaraku. Selamat membaca artikel-artikel tulisanku di blog ini.

Jika ada kekurangan/kekhilafan, mohon masukan/saran/kritik/koreksinya (bisa disampaikan melalui email: imronkuswandi@gmail.com atau "kotak komentar" yang tersedia di bagian bawah setiap artikel). Sedangkan jika dipandang bermanfaat, ada baiknya jika diinformasikan kepada saudara kita yang lain.

Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika kurang berkenan, hal ini semata-mata karena keterbatasan ilmuku. (Imron Kuswandi M.).

Jumat, 05 Juni 2009

SEMUANYA TIDAKLAH SIA-SIA

Assalamu’alaikum wr. wb.

Saudaraku…,
Sesungguhnya kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. Dan sesungguhnya, tiadalah Allah menciptakan semuanya ini dengan sia-sia.

وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاللهُ عَلَىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ﴿١٨٩﴾ إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ ﴿١٩٠﴾ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَىَ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ ﴿١٩١﴾
”Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS. Ali ‘Imran. 189). ”Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal”, (QS. Ali ‘Imran. 190). “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. (QS. Ali ‘Imran. 191).

Saudaraku…,
Dari surat Ali ’Imran ayat 189 – 191 tersebut, diperoleh keterangan bahwa Allah tidaklah menciptakan langit dan bumi (beserta semua yang ada di dalamnya / diantara keduanya) dengan sia-sia. Hal itu menunjukkan bahwa semua ciptaan Allah itu pasti bermanfaat.

Lalu, bagaimanakah dengan ciptaan Allah yang menurut pandangan sebagian orang (mungkin) benar-benar sangat merugikan atau setidaknya telah membuat hidupnya kurang nyaman? Seperti: diciptakannya virus penyebab penyakit atau adanya bau badan yang dirasa kurang nyaman oleh indra penciuman kita, dll.

Saudaraku…,
Ketahuilah, ketika seseorang mengatakan bahwa adanya virus penyebab penyakit atau adanya bau badan yang dirasa kurang nyaman oleh indra penciuman kita, dll yang semuanya itu dipandang sebagai ciptaan-Nya yang kurang bermanfaat bahkan telah merugikan kehidupan manusia, maka sesungguhnya hal ini semata-mata terjadi karena sempitnya / sangat terbatasnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh orang itu. Bukankah keterangan dalam surat Ali ’Imran ayat 189 – 191 di atas sudah cukup menjelaskan semuanya?

Memang, begitu banyak ciptaan Allah yang Allah tidak berikan penjelasan secara rinci tentang rahasia penciptaannya. Tentu saja, hal ini dapat menjadi tantangan sekaligus ujian buat kita semua. Di satu sisi (karena begitu banyak ciptaan Allah yang Allah tidak berikan penjelasan secara rinci tentang rahasia penciptaannya), maka kita mesti belajar dan terus belajar (tanpa mengenal lelah) untuk mengetahui rahasia ciptaan-Nya, kapanpun, dimanapun, dalam kondisi apapun.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ ﴿١﴾ خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ ﴿٢﴾ اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ ﴿٣﴾ الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ ﴿٤﴾ عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ ﴿٥﴾ كَلَّا إِنَّ الْإِنسَانَ لَيَطْغَى ﴿٦﴾ أَن رَّآهُ اسْتَغْنَى ﴿٧﴾ إِنَّ إِلَى رَبِّكَ الرُّجْعَى ﴿٨﴾
”Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan”, (QS. Al ‘Alaq. 1). ”Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah”. (QS. Al ‘Alaq. 2). ”Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah”, (QS. Al ‘Alaq. 3). “Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam*”. (QS. Al ‘Alaq. 4). *) Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca. “Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS. Al ‘Alaq. 5). “Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas”, (QS. Al ‘Alaq. 6). “karena dia melihat dirinya serba cukup”. (QS. Al ‘Alaq. 7). “Sesungguhnya hanya kepada Tuhanmulah kembali-(mu)”. (QS. Al ‘Alaq. 8).

Di sisi lain, jika kita telah diberi kesempatan untuk mengetahui sebagian rahasia ciptaan-Nya, maka janganlah hal ini membuat kita menjadi takabur/sombong, karena bagaimanapun juga, masih tetap teramat banyak ciptaan-Nya yang lain yang belum kita ketahui rahasianya.

... وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلاً ﴿٨٥﴾
“... dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit". (QS. Al Israa’. 85).

Ingatlah wahai saudaraku, bahwa manusia itu mempunyai kecenderungan untuk mudah berpaling dan bersikap sombong ketika Allah memberikan kepadanya sedikit saja pengetahuan ataupun kesenangan kepadanya.

وَإِذَا أَنْعَمْنَا عَلَى الإِنسَانِ أَعْرَضَ وَنَأَى بِجَانِبِهِ وَإِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ كَانَ يَؤُوسًا ﴿٨٣﴾
”Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia: dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa”. (QS. Al Israa’. 83).

Nah, jika dengan sedikit kelebihan saja sudah ada kecenderungan untuk mudah berpaling dan bersikap sombong, lalu bagaimanakah jika seandainya Allah memberikan kelebihan* yang lebih banyak lagi??? *) Kelebihan yang dimaksud bisa berupa ilmu pengetahuan maupun kesenangan hidup lainnya. Wallahu a’lam.

Ya… Tuhan kami,
Lindungilah kami ketika kami membaca ayat-ayat-Mu dari godaan syaitan yang terkutuk agar kami senantiasa berada dalam jalan-Mu yang lurus.

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ﴿٩٨﴾
”Apabila kamu membaca Al Qur'an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk”. (QS. An Nahl. 98).

Semoga bermanfaat!

5 komentar:

  1. He he he ..
    Jadi "Semuanya" itu (tidak) sia-sia?

    BalasHapus
  2. ass,, mkasih pak ats berbaginya, smg menjadi brokah,,slam kenal pak imbron, ,kapan2 singgahlah k blog awak..?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih wahai saudaraku, atas perhatiannya. Saya sendiri hanyalah setitik debu yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman. Kebetulan saja, orang tua telah memberi kesempatan kepada saya untuk menempuh pendidikan agama (sore/malam hari) di sebuah madrasah di Blitar selama 12 tahun (pagi/siang hari sekolah di SD hingga SMA, sore/malam hari sekolah di madrasah).

      Jika berkenan, mohon do’anya semoga saya dapat terus berkarya!

      Alhamdulillah pada saat ini sudah saya posting di blog ini hingga bulan Januari 2015, dimana tiap awal bulan otomatis akan muncul 3 artikel di blog ini. Saat ini sudah lebih dari 350 judul artikel yang telah saya posting di blog tersebut.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus

Info Buku:

● Alhamdulillah, telah terbit buku: Islam Solusi Setiap Permasalahan jilid 1.

Prof. Dr. KH. Moh. Ali Aziz, MAg: “Banyak hal yang dibahas dalam buku ini. Tapi, yang paling menarik bagi saya adalah dorongan untuk mempelajari Alquran dan hadis lebih luas dan mendalam, sehingga tidak mudah memandang sesat orang. Juga ajakan untuk menilai orang lebih berdasar kepada kitab suci dan sabda Nabi daripada berdasar nafsu dan subyektifitasnya”.

Buku jilid 1:

Buku jilid 1:
Buku: “Islam Solusi Setiap Permasalahan” jilid 1: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², viii + 378 halaman, ISBN 978-602-5416-25-5

● Buku “Islam Solusi Setiap Permasalahan” jilid 1 ini merupakan kelanjutan dari buku “Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an dan Hadits” (jilid 1 s/d jilid 5). Berisi kumpulan artikel-artikel yang pernah saya sampaikan dalam kajian rutin ba’da shalat subuh (kuliah subuh), ceramah menjelang berbuka puasa, ceramah menjelang shalat tarawih/ba’da shalat tarawih, Khutbah Jum’at, kajian rutin untuk rekan sejawat/dosen, ceramah untuk mahasiswa di kampus maupun kegiatan lainnya, siraman rohani di sejumlah grup di facebook/whatsapp (grup SMAN 1 Blitar, grup Teknik Industri ITS, grup dosen maupun grup lainnya), kumpulan artikel yang pernah dimuat dalam majalah dakwah serta kumpulan tanya-jawab, konsultasi, diskusi via email, facebook, sms, whatsapp, maupun media lainnya.

● Sebagai bentuk kehati-hatian saya dalam menyampaikan Islam, buku-buku religi yang saya tulis, biasanya saya sampaikan kepada guru-guru ngajiku untuk dibaca + diperiksa. Prof. Dr. KH. M. Ali Aziz adalah salah satu diantaranya. Beliau adalah Hakim MTQ Tafsir Bahasa Inggris, Unsur Ketua MUI Jatim, Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawah Al Qur’an, Ketua Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia 2009-2013, Dekan Fakultas Dakwah 2000-2004/Guru Besar/Dosen Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya 2004 - sekarang.

_____

Assalamu'alaikum wr. wb.

● Alhamdulillah, telah terbit buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 5.

● Buku jilid 5 ini merupakan penutup dari buku “Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an dan Hadits” jilid 1, jilid 2, jilid 3 dan jilid 4.

Buku Jilid 5

Buku Jilid 5
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 5: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², x + 384 halaman, ISBN 978-602-5416-29-3

Buku Jilid 4

Buku Jilid 4
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 4: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², x + 384 halaman, ISBN 978-602-5416-28-6

Buku Jilid 3

Buku Jilid 3
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 3: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², viii + 396 halaman, ISBN 978-602-5416-27-9

Buku Jilid 2

Buku Jilid 2
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 2: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², viii + 324 halaman, ISBN 978-602-5416-26-2

Buku Jilid 1

Buku Jilid 1
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 1: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², viii + 330 halaman, ISBN 978-602-5416-25-5

Keterangan:

Penulisan buku-buku di atas adalah sebagai salah satu upaya untuk menjalankan kewajiban dakwah, sebagaimana penjelasan Al Qur’an dalam surat Luqman ayat 17 berikut ini: ”Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)”. (QS. Luqman. 17).

Sehingga sangat mudah dipahami jika setiap pembelian buku tersebut, berarti telah membantu/bekerjasama dalam melaksanakan tugas dakwah.

Informasi selengkapnya, silahkan kirim email ke: imronkuswandi@gmail.com atau kirim pesan via inbox/facebook, klik di sini: https://www.facebook.com/imronkuswandi

۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞