Assalamu’alaikum wr. wb.
Seorang akhwat (staf
pengajar/dosen di Jambi) telah menyampaikan pertanyaan via WhatsApp sebagai berikut:
Keutamaan dan hikmah serta niat puasa Tarwiyah (Rabu, 8
Dzulhijjah/30 Agustus 2017) Arafah (Kamis , 9 Dzulhijjah/31 Agustus 2017).
Puasa sunah Tarwiyah dan Arafah
sangat dianjurkan bagi umat muslim sedunia, agar kita dapat turut merasakan
nikmatnya seperti yang dirasakan oleh para jama’ah haji. Namun, bagi jamaah
haji sendiri haram hukumnya untuk berpuasa di hari Arafah 9 Dzulhijjah.
Adapun yang dimaksud dengan
puasa Arafah adalah (Mengetahui) puasa yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni
pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu hari pada saat jama’ah haji melakukan wukuf
dipadang Arafah.
Dan Puasa Tarwiyah adalah
(Merenung atau berpikir) puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah yakni 8
Dzulhijjah, hari sebelum hari wukuf.
Keutamaan Puasa Tarwiyah Dan
Arofah
Adapun keutamaan puasa sunah Tarwiyah (8 Dzulhijjah) dan
Arofah (9 Dzulhijjah) bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji
berdasarkan beberapa hadist Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah:
√ Barang siapa yang menjalankan Puasa Tarwiyah akan
dihapus dosa satu tahun yang lalu yang telah terlewati.
√ Sedangkan yang berpuasa di hari Arofah akan
dihapus dosa dua tahun (1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang)
√ Dan yang melaksanakan dua puasa ini akan
dianugrahi oleh Allah SWT dengan 10 macam kemuliaan, yaitu:
1. Allah akan memberi keberkahan pada kehidupannya.
2. Allah akan menambah harta.
3. Allah akan menjamin kehidupan rumah tangganya.
4. Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa
dan kesalahan yang telah lalu.
5. Allah akan melipat gandakan amal dan ibadahnya.
6. Allah akan memudahkan kematiannya.
7. Allah akan menerangi kuburnya selama di alam
Barzah.
8. Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya di
Padang Mahsyar.
9. Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan
kedudukan di dunia ini.
10. Allah akan menaikkan martabatnya di sisi Allah
SWT.
Alangkah banyak keberkahan dan
kebahagiaan yang Allah berikan bagi orang yang menjalankan puasa Tarwiyah dan
Arofah. Semoga kita termasuk di dalamnya.
NIAT
Do'a Niat Puasa Tarwiyah: “Nawaitu sauma
tarwiyah sunnatan lillahi ta’ala” (Saya
niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala).
Do'a Niat Puasa Arafah: “Nawaitu sauma arafah
sunnatan lillahi ta’ala” (Saya
niat puasa Arofah , sunnah karena Allah ta’ala)”.
Sampaikan ke Saudara2 kita.
Barakallah...
Beliau bertanya: “Apakah benar yg di atas itu,
ustadz? Tentang keutamaan puasa tarwiyah”.
Tanggapan
Saudaraku,
Berikut ini kusampaikan 2 hadits terkait puasa khusus
tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arofah) yang aku kutipkan dari Kitab Shahih Muslim:
و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ
وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ جَمِيعًا عَنْ حَمَّادٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا
حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ غَيْلَانَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْبَدٍ
الزِّمَّانِيِّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رَجُلٌ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ كَيْفَ تَصُومُ فَغَضِبَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا رَأَى عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ غَضَبَهُ قَالَ
رَضِينَا بِاللهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا نَعُوذُ
بِاللهِ مِنْ غَضَبِ اللهِ وَغَضَبِ رَسُولِهِ فَجَعَلَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ يُرَدِّدُ هَذَا الْكَلَامَ حَتَّى سَكَنَ غَضَبُهُ فَقَالَ عُمَرُ يَا
رَسُولَ اللهِ كَيْفَ بِمَنْ يَصُومُ الدَّهْرَ كُلَّهُ قَالَ لَا صَامَ وَلَا
أَفْطَرَ أَوْ قَالَ لَمْ يَصُمْ وَلَمْ يُفْطِرْ قَالَ كَيْفَ مَنْ يَصُومُ
يَوْمَيْنِ وَيُفْطِرُ يَوْمًا قَالَ وَيُطِيقُ ذَلِكَ أَحَدٌ قَالَ كَيْفَ مَنْ
يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا قَالَ ذَاكَ صَوْمُ دَاوُدَ عَلَيْهِ
السَّلَام قَالَ كَيْفَ مَنْ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمَيْنِ قَالَ
وَدِدْتُ أَنِّي طُوِّقْتُ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ثَلَاثٌ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ فَهَذَا صِيَامُ
الدَّهْرِ كُلِّهِ صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ
يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ
يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي
قَبْلَهُ.
(رواه مسلم)
Dan
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya At Tamimi dan Qutaibah bin Sa'id
semuanya dari Hammad - Yahya berkata- telah mengabarkan kepada kami Hammad bin
Zaid dari Ghailan dari Abdullah bin Ma'bad Az Zimani dari Abu Qatadah bahwa
seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan bertanya,
"Bagaimanakah Anda berpuasa?" Mendengar pertanyaan itu, Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam marah. Dan ketika Umar menyaksikan Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam marah, ia berkata, "Kami rela Allah sebagai
Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rasul. Kami berlindung kepada
Allah, dari murka Allah dan Rasul-Nya." Umar mengulang ucapan tersebut
hingga kemarahan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam reda. Kemudian ia
bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana dengan orang yang berpuasa
sepanjang tahun?" Beliau menjawab: "Dia tidak berpuasa dan tidak juga
berbuka." -atau beliau katakan dengan redaksi 'Selamanya ia tak dianggap
berpuasa dan tidak pula dianggap berbuka-- Umar bertanya lagi, "Bagaimana
dengan orang yang berpuasa sehari dan berbuka sehari?" beliau menjawab:
"Itu adalah puasa Dawud 'Alaihis Salam." Umar bertanya lagi,
"Bagaimana dengan orang yang berpuasa sehari dan berbuka dua hari?"
beliau menjawab: "Aku senang, jika diberi kekuatan untuk itu."
kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Puasa tiga hari setiap bulan, puasa dari Ramadlan ke Ramadlan
sama dengan puasa setahun penuh. Sedangkan puasa pada hari Arafah, aku memohon
pula kepada Allah, agar puasa itu bisa menghapus dosa setahun setahun penuh
sebelumnya dan setahun sesudahnya. Adapun puasa pada hari 'Asyura`, aku memohon
kepada Allah agar puasa tersebut bisa menghapus dosa setahun sebelumnya."
(HR. Muslim).
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ
بَشَّارٍ وَاللَّفْظُ لِابْنِ الْمُثَنَّى قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ غَيْلَانَ بْنِ جَرِيرٍ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ
بْنَ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيَّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ
صَوْمِهِ قَالَ فَغَضِبَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ
عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ رَضِينَا بِاللهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا
وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا وَبِبَيْعَتِنَا بَيْعَةً قَالَ فَسُئِلَ عَنْ صِيَامِ
الدَّهْرِ فَقَالَ لَا صَامَ وَلَا أَفْطَرَ أَوْ مَا صَامَ وَمَا أَفْطَرَ قَالَ
فَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمَيْنِ وَإِفْطَارِ يَوْمٍ قَالَ وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ
قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمٍ وَإِفْطَارِ يَوْمَيْنِ قَالَ لَيْتَ أَنَّ
اللَّهَ قَوَّانَا لِذَلِكَ قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمٍ وَإِفْطَارِ يَوْمٍ
قَالَ ذَاكَ صَوْمُ أَخِي دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ
يَوْمِ الِاثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ
أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ قَالَ فَقَالَ صَوْمُ ثَلَاثَةٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ
وَرَمَضَانَ إِلَى رَمَضَانَ صَوْمُ الدَّهْرِ قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ
عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ قَالَ وَسُئِلَ
عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَفِي
هَذَا الْحَدِيثِ مِنْ رِوَايَةِ شُعْبَةَ قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ
الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَسَكَتْنَا عَنْ ذِكْرِ الْخَمِيسِ لَمَّا نُرَاهُ
وَهْمًا و حَدَّثَنَاه عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي ح و
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا شَبَابَةُ ح و حَدَّثَنَا
إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ كُلُّهُمْ عَنْ
شُعْبَةَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ و حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ الدَّارِمِيُّ
حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا أَبَانُ الْعَطَّارُ حَدَّثَنَا
غَيْلَانُ بْنُ جَرِيرٍ فِي هَذَا الْإِسْنَادِ بِمِثْلِ حَدِيثِ شُعْبَةَ غَيْرَ
أَنَّهُ ذَكَرَ فِيهِ الِاثْنَيْنِ وَلَمْ يَذْكُرْ الْخَمِيسَ.
(رواه مسلم)
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dan Muhammad bin Basysyar
-lafazhnya dari Ibnul Mutsanna- keduanya berkata, Telah menceritakan kepada
kami Muhammad bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Ghailan
bin Jarir bahwa mendengar Abdullah bin Ma'bad Az Zimani dari Abu Qatadah Al
Anshari radliallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah
ditanya mengenai puasanya, maka serta merta Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
marah, lalu umar pun mengucapkan, Kami rela Allah
sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rasul. Kami berlindung
kepada Allah, dari murka Allah dan Rasul-Nya dan Bai'at kami sebagai suatu
Bai'at. kemudian beliau ditanya tentang puasa sepanjang masa, maka
beliau menjawab: Sebenarnya, ia tidak berpuasa dan
tidak pula berbuka. Kemudian beliau ditanya lagi mengenai puasa sehari
dan berbuka dua hari, beliau menjawab: Semoga Allah
memberikan kekuatan pada kita untuk melakukannya. Lalu beliau ditanya
mengenai puasa pada hari senin, beliau menjawab: Itu
adalah hari, ketika aku dilahirkan dan aku diutus (sebagai Rasul) atau pada
hari itulah wahyu diturunkan atasku. Kemudian beliau bersabda: “Puasa
tiga hari pada setiap bulan dan ramadan hingga ramadan berikutnya adalah puasa
dahr.” Kemudian beliau ditanya tentang puasa pada Arafah, maka beliau menjawab:
Puasa itu akan menghapus dosa-dosa satu tahun yang
lalu dan yang akan datang. Kemudian beliau ditanya tentang puasa pada
hari 'Asyura`, beliau menjawab: Ia akan menghapus
dosa-dosa sepanjang tahun yang telah berlalu. Dan di dalam hadits ini,
yakni dari riwayat Syu'bah, ia berkata; Dan beliau
ditanya tentang puasa hari senin dan kamis. Namun kami tidak menyebutkan
puasa kamis, karena menurut kami padanya terdapat Wahm (kekurang akuratan
berita). Dan Telah meceritakannya kepada kami Ubaidullah bin Mu'adz telah
menceritakan kepada kami bapakku -dalam riwayat lain- Dan Telah menceritakan
kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Syababah
-dalam riwayat lain- Dan Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim telah
mengabarkan kepada kami An Nadlr bin Syumail semuanya dari Syu'bah dengan isnad
ini. Dan Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Sa'id Ad Darimi telah
menceritakan kepada kami Habban bin Hilal telah menceritakan kepada kami Aban
Al 'Aththar telah menceritakan kepada kami Ghailan bin Jarir dalam isnad ini,
sebagaimana haditsnya Syu'bah, hanya saja ia menyebutkan hari Senin, namun
tidak menyebutkan hari kamis. (HR. Muslim).
Sedangkan terkait puasa khusus tanggal 8 Dzulhijjah (hari
Tarwiyah), aku belum menemukan hadits shahih yang mendasarinya. Namun bukan
berarti kita tidak boleh berpuasa pada hari Tarwiyah, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menganjurkan kita untuk
memperbanyak puasa selama tanggal 1 s/d 9 Dzulhijjah, sedangkan hari Tarwiyah
(yaitu tanggal 8 Dzulhijjah) termasuk didalamnya.
Berikut ini kusampaikan 2 hadits terkait yang aku
kutipkan dari Kitab Shahih Sunan Abu Daud:
عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ
وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنْ الشَّهْرِ
وَالْخَمِيسَ. (رواه ابو داود)
2437. Dari beberapa istri Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam, mereka berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, hari As Syura' (10 Muharram),
dan tiga hari setiap bulan. Beliau mengawalinya dengan puasa hari Senin dan
Kamis." (HR. Abu Dawud).
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا
مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هَذِهِ
الْأَيَّامِ يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا
الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ إِلَّا
رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ. (رواه ابو داود)
2438. Dari
Ibnu Abbas, ia berkata: Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda, "Tiada hari yang amal shalih di dalamnya
lebih menyenangkan kepada Allah daripada hari-hari ini, yaitu hari-hari sepuluh
(Dzulhijah). " Sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, tidak pula dengan
berjihad di jalan Allah?" Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam menjawab, "Ya, tidak pula berjihad dijalan Allah,
kecuali seorang laki-laki keluar untuk berjihad dengan jiwa dan hartanya, lalu
ia kembali dari jihad dengan tidak membawa apa pun. " (HR. Abu Dawud).
Demikian yang bisa
kusampaikan. Mohon maaf jika kurang berkenan, hal ini semata-mata karena
keterbatasan ilmuku.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar