بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُواً أَحَدٌ ﴿٤﴾

Assalamu’alaikum wr. wb.

Selamat datang, saudaraku. Selamat membaca artikel-artikel tulisanku di blog ini.

Jika ada kekurangan/kekhilafan, mohon masukan/saran/kritik/koreksinya (bisa disampaikan melalui email: imronkuswandi@gmail.com atau "kotak komentar" yang tersedia di bagian bawah setiap artikel). Sedangkan jika dipandang bermanfaat, ada baiknya jika diinformasikan kepada saudara kita yang lain.

Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika kurang berkenan, hal ini semata-mata karena keterbatasan ilmuku. (Imron Kuswandi M.).

Kamis, 01 Oktober 2015

DAHSYATNYA TIPU DAYA SYAITAN (II)



Assalamu'alaikum wr. wb.

Saudaraku,
Berikut ini adalah kutipan sebuah berita di KOMPAS.com:

Bunuh Diri
Bu Guru - Eks Tentara Minum Racun Bersama
Minggu, 1 Agustus 2010 | 04:31 WIB

MALANG,
KOMPAS.com — Jalinan asmara yang mustahil dipersatukan mendorong pasangan selingkuh yang sebetulnya sangat berumur ini untuk bunuh diri bersama. Pasangan itu adalah EW (46), ibu guru sebuah SMP negeri di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan pihak lelakiya berinisial TD (57), pensiunan anggota TNI.

Kepastian ihwal motif bunuh diri itu didapat setelah warga menemukan surat wasiat keduanya di dekat lokasi mayat mereka di Pantai Ngliyep, Malang selatan. Selain itu, juga ditemukan botol racun serangga.

Mereka diduga nekat bunuh diri karena tak mungkin bisa hidup berdua, mengingat sama-sama sudah berkeluarga. Apalagi, hubungan perselingkuhan itu sudah diketahui keluarga masing-masing. Bahkan, belum lama ini EW pernah dilabrak istri TD ke sekolahnya.

Bu Guru EW sebetulnya punya suami dan dua anak, tinggal di sebuah perumahan di Desa Cepokomulyo, Kecamatan Kepanjen. Sedangkan TD dari Desa Plaosan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Eko, seorang kerabat EW, tak mau bicara soal kematian tragis tersebut. Sementara itu, Kapolsek Donomulyo, Iptu I Made Suarhana menyebutkan, EW maupun TD meninggalkan surat wasiat, masing-masing selembar.

Surat EW ditulis di kertas biasa. Isinya soal pernyataan bahwa cinta mereka berdua abadi dan minta tolong supaya dikuburkan dalam satu liang lahat. "Supaya jasad kami menyatu seperti cinta kami berdua," demikian pesannya. EW juga berpesan agar jasadnya dikirim ke rumah ibunya, berikut alamat lengkapnya.

Sedangkan surat TD ditulis di kertas berkop nama perusahaan tempatnya bekerja sebagai petuga satpam. Ia menulis, "Saudaraku semua dan kawanku juga anak dan istri, saya mohon maaf sebanyak-banyaknya. Selamat tinggal semuanya. Cukup sekian, terima kasih."

Ia menutup surat wasiat itu dengan tanda tangan sekaligus pesan bahwa "saya sangat bahagia." "Dua lembar surat mereka itu, kami temukan di dalam tas korban EW, selain ponsel,” tutur Made.

Wasiat agar dikuburkan dalam satu liang lahat itu tak dipenuh keluarga masing-masing. Mereka pun dikuburkan di desa masing-masing, Kamis (29/7/2010).

Sementara Komandan Komando Distrik Militer 0818 Malang Letkol (Inf) Feri Pribadi mengatakan, pihaknya masih mengecek kebenaran informasi soal status TD. Menurut dia, jika memang sudah pensiun dari Korem 083 Baladika Jaya, tentu di luar tanggung jawab kesatuannya. (Imam Taufiq)
Saudaraku,
Berita di Kompas tersebut, adalah salah satu contoh realita yang ada di sekeliling kita yang benar-benar mencengangkan. Dimana sebagian diantara orang-orang di sekeliling kita, justru lebih memilih jalan yang sesat daripada jalan yang benar.

Demikian dahsyatnya tipu daya syaitan, sehingga begitu banyak orang-orang di sekeliling kita yang telah dibutakan mata hatinya, sehingga mereka memandang baik perbuatan-perbuatan mereka itu (na’udzubillahi mindzalika!).

Demikianlah penjelasan Al Qur’an dalam surat Al Hijr ayat 39. Karena Allah telah memutuskan bahwa iblis itu sesat, maka pasti iblis akan menjadikan kita memandang baik perbuatan ma`siat di muka bumi ini. Dan pasti iblis juga akan berupaya untuk menyesatkan kita semuanya. Kecuali jika kita termasuk golongan hamba-hamba Allah yang mukhlis.

Oleh karena itu, waspadalah wahai saudaraku!

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ ﴿٣٩﴾ إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ ﴿٤٠﴾
Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma`siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya”, (QS. Al Hijr. 39). ”kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis* di antara mereka". (QS. Al Hijr. 40).

Wallahu a'lam bish-shawab.
Semoga bermanfaat.

NB.
*) Yang dimaksud dengan “mukhlis” ialah orang-orang yang diberi taufiq untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Buku:

● Alhamdulillah, telah terbit buku: Islam Solusi Setiap Permasalahan jilid 1.

Prof. Dr. KH. Moh. Ali Aziz, MAg: “Banyak hal yang dibahas dalam buku ini. Tapi, yang paling menarik bagi saya adalah dorongan untuk mempelajari Alquran dan hadis lebih luas dan mendalam, sehingga tidak mudah memandang sesat orang. Juga ajakan untuk menilai orang lebih berdasar kepada kitab suci dan sabda Nabi daripada berdasar nafsu dan subyektifitasnya”.

Buku jilid 1:

Buku jilid 1:
Buku: “Islam Solusi Setiap Permasalahan” jilid 1: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², viii + 378 halaman, ISBN 978-602-5416-25-5

● Buku “Islam Solusi Setiap Permasalahan” jilid 1 ini merupakan kelanjutan dari buku “Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an dan Hadits” (jilid 1 s/d jilid 5). Berisi kumpulan artikel-artikel yang pernah saya sampaikan dalam kajian rutin ba’da shalat subuh (kuliah subuh), ceramah menjelang berbuka puasa, ceramah menjelang shalat tarawih/ba’da shalat tarawih, Khutbah Jum’at, kajian rutin untuk rekan sejawat/dosen, ceramah untuk mahasiswa di kampus maupun kegiatan lainnya, siraman rohani di sejumlah grup di facebook/whatsapp (grup SMAN 1 Blitar, grup Teknik Industri ITS, grup dosen maupun grup lainnya), kumpulan artikel yang pernah dimuat dalam majalah dakwah serta kumpulan tanya-jawab, konsultasi, diskusi via email, facebook, sms, whatsapp, maupun media lainnya.

● Sebagai bentuk kehati-hatian saya dalam menyampaikan Islam, buku-buku religi yang saya tulis, biasanya saya sampaikan kepada guru-guru ngajiku untuk dibaca + diperiksa. Prof. Dr. KH. M. Ali Aziz adalah salah satu diantaranya. Beliau adalah Hakim MTQ Tafsir Bahasa Inggris, Unsur Ketua MUI Jatim, Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawah Al Qur’an, Ketua Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia 2009-2013, Dekan Fakultas Dakwah 2000-2004/Guru Besar/Dosen Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya 2004 - sekarang.

_____

Assalamu'alaikum wr. wb.

● Alhamdulillah, telah terbit buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 5.

● Buku jilid 5 ini merupakan penutup dari buku “Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an dan Hadits” jilid 1, jilid 2, jilid 3 dan jilid 4.

Buku Jilid 5

Buku Jilid 5
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 5: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², x + 384 halaman, ISBN 978-602-5416-29-3

Buku Jilid 4

Buku Jilid 4
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 4: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², x + 384 halaman, ISBN 978-602-5416-28-6

Buku Jilid 3

Buku Jilid 3
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 3: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², viii + 396 halaman, ISBN 978-602-5416-27-9

Buku Jilid 2

Buku Jilid 2
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 2: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², viii + 324 halaman, ISBN 978-602-5416-26-2

Buku Jilid 1

Buku Jilid 1
Buku: "Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Menurut Al Qur’an Dan Hadits” jilid 1: HVS 70 gr, 16 x 24 cm², viii + 330 halaman, ISBN 978-602-5416-25-5

Keterangan:

Penulisan buku-buku di atas adalah sebagai salah satu upaya untuk menjalankan kewajiban dakwah, sebagaimana penjelasan Al Qur’an dalam surat Luqman ayat 17 berikut ini: ”Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)”. (QS. Luqman. 17).

Sehingga sangat mudah dipahami jika setiap pembelian buku tersebut, berarti telah membantu/bekerjasama dalam melaksanakan tugas dakwah.

Informasi selengkapnya, silahkan kirim email ke: imronkuswandi@gmail.com atau kirim pesan via inbox/facebook, klik di sini: https://www.facebook.com/imronkuswandi

۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞ ۞